Pages

Senin, 01 Juni 2015

Tagged Under:

Pengertian Website dan Jenis-jenisnya

By: neubs.com On: 22.15
  • Share This
  • Website itu apa, sih?

    Tahu google? Nah, Masih ada yang mengira bahwa berbagai informasi yang berada di internet itu disediakan oleh google. Atau dengan kata lain, google dianggap sebagai pemilik konten di internet. Padahal google hanyalah salah satu situs mesin pencari (search engine). Anggap saja mesin pencari itu seperti buku alamat. Nama bukunya "Gugel". Buku tersebut memang menyediakan informasi. Tetapi informasi berupa alamat atau lokasi tempat tertentu. Misalnya kamu sedang ingin tahu alamat restoran, kamu bisa mencarinya dalam buku tersebut. Alamat restorannya memang ditunjukkan oleh gugle, tapi bukan berarti restoran tersebut milik google.

    Jadi, google itu adalah salah satu website mesin pencari, dan restoran itu adalah website lainnya, dalam hal ini website restoran. Contoh website lainnya adalah facebook, twitter, olx, detik, dll. Lalu apa sebetulnya pengertian website atau situs web?

    Pengertian Web Site atau Situs Web

    "Situs web (bahasa Inggris: website) adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada server yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di Internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW." (wikipedia)

    Pengertian lainnya dari webopedia.com:

    "A site (location) on the World Wide Web. Each Web site contains a home page, which is the first document users see when they enter the site. The site might also contain additional documents and files. Each site is owned and managed by an individual, company or organization." (webopedia: http://www.webopedia.com/)

    Terjemahan:
    Website adalah suatu situs (sebuah lokasi/tempat) pada World Wide Web (WWW). Setiap situs web terdiri dari home page, atau sering diindoensakan sebagai beranda, yaitu sebuah halaman dokumen yang pertama kali dilihat saat pengunjung mengunjungi situs. Situs bisa terdiri dari dokumen dan atau file tambahan. Setiap situs dimiliki dan diurus oleh individu, perusahaan atau organisasi.


    Dari dua pengertian website tersebut setidaknya dapat kita temukan beberapa indikator untuk menemukan pengertian sederhana website:

    - Sebuah tempat/lokasi
    - Halaman atau sekumpulan halaman yang saling terhubung
    - Diakses dengna teknologi Internet atau jaringan lokal (LAN)
    - berisi kontent text, image, video, animasi, dsb
    - dimiliki oleh perorangan, perusahaan, atau organisasi

    Jadi secara sederhana website adalah sebuah tempat/lokasi halaman atau sekumpulan halaman yang saling terhubung yang bisa diakses dengan teknologi internet atau jaringan lokal (LAN). Halaman bisa berisi teks, video, image, animasi, dan sebagainya. Biasanya web site dimiliki dan dikelola oleh perorangan, perusahaan, atau organisasi.


    Contoh Jenis-Jenis Website, Penjelasan, dan Contohnya:

    * Archive Site: Website yang digunakan untuk meng-arsipkan, atau melestarikan kontent/halaman website agar tetap bisa diakses dari generasi ke generasi. Salah satu contoh website arsip besar adalah archive.org yang telah eksis sejak tahun 1996. Selain itu ada google archive yang mengarsipkan pesan yang diposting dalam kelompok diskusi bersejarah; Usenet.

    * Blog (web log): Blog atau web log merupakan jenis website yang umumnya berisi kontent yang secara frekuensional di update. Jenis website ini semacam catatan harian atau jurnal. Salah satu penyedia layanan blog besar adalah blogger, dan wordpress. Baca "Cara membuat blog"

    * Classified Ads Site: Classified Ads Site atau di indonesia dikenal sebagai situs iklan baris merupakan jenis website yang menyediakan layanan iklan berdasarkan klasifikasi umum periklanan. Walaupun istilahnya iklan baris, namun saat ini banyak pula yang mendukung iklan dengan gambar, video, dan media lainnya. Contoh Classified Ads Site besar adalah Gumtree.com dan Craigslist.

    * Corporate website: Corporate Website atau Website Perusahaan berisi profil perusahaan tertentu dan berbagai informasi yang berkaitan dengan produk atau jasa perusahaan tersebut.

    * Dating website: Dating site atau Situs Kencan Online merupakan website yang menyediakan berbagai layanan dalam memfasilitasi perjodohan atau sekedar pertemanan anggotanya. Dalam perjalanannya, jenis website ini juga mencakup sosial media. Contoh dating site adalah match.com

    * Electronic Commerce (e-commerce) site: Ecommerce atau toko online merupakan website yang menjual produk atau jasa tertentu dan dengan teknologi khusus memungkinkan untuk terjadinya transaksi secara online. Contoh: Amazon, Elevania, Lazada, dll

    * Forum website: Forum website atau forum online merupakan website yang diperuntukan terjadinya diskusi tentang berbagai topik antar sesama anggota.

    * Gallery website: Website yang merpuakan gallery foto, seni, dll. Baik komersil atau non komersil.

    * Government site: Ini adalah website pemerintah. Biasanya memiliki domain .gov.

    * Gaming website: Situs game yang memungkinkan orang bermain game secara online

    * Media-sharing site: Ini merupakan website yang memungkinkan penggunanya mengupload gambar, video, musik, untuk berbagi. Contoh: youtube, flickr.

    * News site: Ini adalah situs berita online. Berisi berita atau informasi aktual. contoh: detik, okezone.

    * Question and Answer (Q&A) site: Situs tanya jawab online. Anggota memungkinkan untuk bertanya dan atau menjawab pertanyaan anggota lainnya. Contoh: yahoo answer.

    * Review site: ini adalah website tempat review atau ulasan produk atau jasa tertentu.

    * School Site: Website sekolah

    * Search Engine Site: Website mesin pencari. Website ini mengindek berbagai materi/kontent website yang ada di internet. Contoh: google, bing.

    * Social Bookmarking Site: Sebuah website yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi link website atau kontent, memberi rate, atau komentar. Contoh: digg, stumble upon

    * Social Networking Site: Sebuah media sosial yang memungkinkan penggunanya saling berinteraksi secara langsung melalui fasilitas yang tersedia. contoh: facebook, orkut, google +.

    * Webmail: Sebuah website yang menyediakan layanan email. contoh: gmail, yahoo.

    * Wiki site: Sebuah website yang memiliki berbagai macam konten yang ditulis dan diedit anggotanya.