Pages

Kamis, 10 April 2014

Tagged Under: ,

Ceritanya Belajar SEO untuk Optimasi Toko Online

By: neubs.com On: 12.30
  • Share This
  • Beberapa hari ini saya kembali fokus untuk belajar SEO dari dasar banget. Memang tidak mudah, tetapi juga bukan tidak mungkin untuk dipelajari. Saya membutuhkannya terutama untuk kebutuhan toko online yang juga baru dibangun.

    Kenapa Harus Belajar SEO?

    SEO atau Search Engine Optimization merupakan serangkaian proses yang dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan posisi atau ranking website atau halaman website di halaman mesin pencari atau search engine. Dalam hal ini, saya mempelajari SEO agar bisa meningkatkan posisi toko online saya di mesin pencari. Dengan posisi yang bagus di mesin pencari, maka peluang untuk dikunjungi orang semakin besar.

    SEO tentunya akan selalu berhubungan dengan kata kunci. Karena pada kenyataanya, search engine bekerja melalui kata kunci yang diketikkan pengguna. Jadi, semakin banyak orang mencari kata kunci tersebut, maka semakin besar peluang mendapat kunjungan yang bersumber dari pencarian.

    Bagaimana Cara SEO Meningkatkan Posisi Website Kita?

    Seperti yang disinggung sebelumnya, SEO tidak terlepas dari kata kunci. Berdasarkan salah satu Pakar Internet Marketing, Anne Ahira, rumus SEO itu sederhana: Kata Kunci (Keyword) = Traffic = Profit! Ada serangkaian teknis yang dilakukan. Secara garis besar teknik tersebut meliputi hal-hal berikut:
    1. Apa target kata kunci yang akan dibidik?
    2. Bagaimana mengoptimasi halaman website itu sendiri sehingga SEO friendly?
    3. Bagaimana melakukan promosi untuk web tersebut?

    Dengan kata kunci yang tepat, halaman yang SEO friendly, dan promosi yang tepat, dan yang tidak kalah penting proses optimasi yang sejalan dengan algoritma search engine tersebut, pasti posisi halaman website kita akan berada di rangking yang bagus. Targetnya adalah Ranking 1.

    Apa yang Sudah Saya Persiapkan untuk Olah SEO?

    Yang terpenting adalah pengetahuan dasar SEO dengan maping yang tepat dan efektif. Karena pada dasarnya SEO bukan ilmu pasti. Tidak ada satu pakar pun yang mengetahui algoritma google secara pasti. Semuanya melakukan optimasi dengan terus melakukan praktek dan berbagai percobaan sehingga menemukan formula SEO tertentu, dengan masih "belum pasti".

    Selain itu, belum ada! haha....
    Saya hanya sedang mempelajari lebih jauh dasar-dasarnya, dan sesekali melakukan percobaan kecil melalui blog personal saya www.titoyulianto.com . Sejauh ini, saya melakukan percobaan terhadap beberapa kata kunci. Saya mulai dengan kata kunci yang sedikit sekali memiliki tingkat persaingan. Setelah kata kunci tersebut berada di posisi pertama, beranjak ke kata kunci lainnya yang lebih berat.

    Domain untuk toko online sudah dipersiapkan.Saat ini baru saya install wordpress, dan diisi sedikit konten. Jadi belum beranjak ke yang lainnya.

    Loh, katanya ada toko online yang sedang dibangun? Hooh.... sebelumnya dan sampai saat ini masih saya jalankan melalui fanpage facebook. Itulah kenapa saya ingin belajar SEO. Simple saja, karena saya ingin memiliki toko online berbasis website. Apakah punya website harus belajar SEO? Ngga juga...xixixi...dah dulu lah. See u....